Sabtu, 28 Maret 2015

Enaknya Punya Windows Original

Pembajakan sistem operasi Windows, baik dari zaman Windows 98 sampai Windows 8, tetap saja tinggi khususnya di Indonesia. Bukan berarti di negara lain tidak ada pembajakan. Contohnya saja seperti China. Negara Tirai Bambu itu juga punya masalah yang serius tentang pembajakan.

Berbicara tentang Windows, memang sistem operasi yang satu ini menjadi favorit di Indonesia. Kemudahan pengoperasian jadi salah satu pertimbangan. Dan orang awam pun lebih familiar dengan Windows ketimbang Linux. Untuk Mac, sepertinya hanya untuk kalangan atas mengingat harganya yang mahal.

Harga Windows yang asli memang cukup mahal. Untuk satu lisensi saja kalau saya lihat di situs Bhinneka, harganya sekitar IDR 2 juta untuk Windows 8.1 Pro 64-bit. Untuk Windows 7 dan Windows XP harganya sedikit dibawah harga Windows 8.

Kalau dilihat-lihat, antara ketiga sistem operasi buatan Microsoft ini gak terlalu beda jauh. Ketiganya sama-sama mudah digunakan. Yang berbeda hanyalah tampilannya dan fitur-fitur yang dimilikinya. Khusus untuk Windows 8, tampilannya agak berbeda dengan Windows 7. Windows 8 lebih "flat" yang biasa dikenal dengan sebutan Metro.

Lalu apa sih enaknya punya Windows original? Emang punya?

Alhamdulillah laptop yang saya gunakan untuk keperluan sehari-hari menggunakan Windows asli. Bukannya sombong, tetapi karena sudah include didalam laptopnya. Tinggal diaktivasi saja dan tidak perlu membeli lisensi Windows yang harganya cukup mahal.

Konsekuensinya harga laptop yang saya punya ini jadi agak lebih mahal dari laptop lainnya. Tidak apa-apa, yang penting Windowsnya original. Jadi lebih aman kalau sewaktu-waktu ada razia.

Enaknya sih jadi lebih tenang kalau memang ada razia yang bertemakan pembajakan. Bisa saja ketika saya sedang online di sebuah cafe atau mall, tiba-tiba ada petugas yang ngerazia sistem operasi. Tapi belum pernah kejadian juga sih.

Sekarang kan toko-toko komputer sudah mulai gencar razia pembajakan ini. Beberapa waktu lalu juga sempat ada berita kalau salah satu pusat perbelanjaan elektronik dirazia atas pembajakan Windows. Dan bukan tidak mungkin juga akan sampai ke tahap pengguna, yaitu kita sebagai konsumen.

Dan satu lagi adalah sistem operasi yang bisa diupdate tanpa perlu takut terblokir atau wallpaper yang tidak bisa diganti dan muncul logo Windows Genuine di pojok kiri bawah. Walaupun pekerjaan sehari-hari menggunakan laptop tidak menjadi masalah, tetap saja cukup mengganggu terutama buat yang sering gonta-ganti wallpaper laptop.

Tapi sebenarnya lebih enak pake Windows XP sih. Lebih ringan dan memiliki kompabilitas tinggi.

About the Author

Bayu

Author & Editor

Seorang blogger yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka sekali dengan Windows Phone, Buku, dan Kamu. Tidak terlalu fanatik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Bayu Blog. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com