Kamis, 23 April 2015

Review Powerbank Xiaomi 5200 mAh


Powerbank Xiaomi yang 5200 mAh memang sudah cukup lama dirilis. Tetapi tidak terlalu lama juga. Setelah sukses dengan produk smartphone yang dijual secara flash-sale, Xiaomi juga membuat aksesoris smartphone lainnya. Salah satunya adalah powerbank.

Untuk powerbank Xiaomi, ketersediaannya di pasaran cukup banyak. Tidak seperti smartphone yang hanya dalam beberapa menit saja sudah habis. Kalau saya lihat di situs online, stok powerbank Xiaomi masih banyak.

Powerbank yang saya beli adalah powerbank Xiaomi 5200 mAh di salah satu toko online. Yang saya senang adalah plastiknya yang memiliki logo Xiaomi. Hmm..jadi berasa bangga aja.





Kesan pertama yang saya dapatkan adalah powerbank ini enak digenggam. Bahannya bukan plastik, tapi sejenis aluminium. Jadinya agak berasa keset. Dan juga banyak yang menjual sarung untuk powerbank Xiaomi ini. Mungkin karena beberapa orang kurang suka dengan material yang digunakan. Harganya sekitar IDR 20 ribu kalau saya lihat di toko online yang lain. Mungkin sekarang sudah naik.


  

Paket penjualannya hanya unit powerbank dan kabel charge nya saja. Tidak disertakan colokan listrik untuk keperluan charge powerbank. Untuk mengisi powerbank, bisa menggunakan port USB yang ada di laptop atau juga menggunakan colokan smartphone kamu. Kebetulan unit charge Nokia Lumia 620 saya bisa dilepas, jadi bisa digunakan untuk mengisi ulang powerbank. Cuma kabelnya pendek sekali dan hanya untuk port microUSB saja.


Ada empat lampu indikator yang tertanam di powerbank ini. Kita anggap saja indikator itu mewakili 100%, 75%, 50%, dan 25%.


Nah saat dilakukan pengujian, powerbank Xiaomi 5200 mAh ini menurut saya kapasitasnya tidak membohongi. Tetapi tentu tidak real 5200 mAh seperti yang diiklankan karena setiap powerbank ada losses dan efisiensinya.

Powerbank Xiaomi 5200 mAh ini hanya memiliki satu input saja dan tidak dilengkapi oleh baterai seperti powerbank sekarang pada umumnya. Output yang dikeluarkan oleh powerbank ini adalah 5,1 V dan 1,5 A.

Saat mengisi daya pada smartphone Nokia Lumia 620 yang memiliki kapasitas baterai 1300 mAh, powerbank Xiaomi ini mampu mengisi daya Lumia 620 hingga 3,5x. Kalau secara teoritis mungkin bisa 4x. Tapi kembali lagi bahwa tidak ada yang benar-benar real capacity. Mungkin bisa berkurang 5% sampai 10% nya kalau powerbank itu memang berkualitas.

Kapasitas yang dimilikinya cukup untuk mengisi daya smartphone saya sampai menemui colokan. Untuk perjalanan jauh juga bisa diandalkan. Kabel bawaannya juga sudah cukup bagus untuk mengisi daya dan justru malah lebih cepat pengisiannya dibandingkan dengan menggunakan kabel charge bawaan Nokia. Saya juga tidak tahu kenapa.

Yang jelas powerbank Xiaomi ini menurut saya sudah cukup bagus untuk ukuran pengisi daya portabel. Namun kembali lagi pada pilihan masing-masing apakah suka atau tidak dengan powerbank ini.

About the Author

Bayu

Author & Editor

Seorang blogger yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka sekali dengan Windows Phone, Buku, dan Kamu. Tidak terlalu fanatik.

3 komentar:

  1. kabelnya pendek ya, kak. lebih enak yang panjang sekalian sama cargernya. kadang ga selalu pegang laptop sih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata powerbank cuma nyediain kabel microUSB aja gak pake colokannya. tapi jadi lebih murah kayanya

      Hapus
  2. Aku udah punya power bank xiaomi kak

    BalasHapus

 

Copyright © Bayu Blog. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com