Senin, 20 April 2015

Masih Ada Aja Modus Penipuan Kayak Begini


Modus penipuan menurut saya sering banget terjadi. Beberapa persen berhasil dan beberapa persen sisanya juga gagal. Penipuan ini saya ambil contoh ketika kamu mendapatkan SMS kalau kamu sudah menang sebuah program yang diadakan operator. Seperti ini.


Saya menerima SMS itu kemarin sore. Kalau saya yang menerima, sudah pasti itu palsu. Kalau yang masih awam seputar teknologi, mungkin masih bisa ditipu.

Nah biar gak ketipu, coba amati gambar tadi yang diambil dari screenshot smartphone Windows Phone saya. Sedikit promo hehehe.

Setidaknya ada dua hal yang bisa kamu amati. Yang pertama adalah nomor si pengirim dan yang kedua adalah websitenya. Nomor si pengirim menggunakan nomor biasa yang mengirimkan pesan yang intinya kamu menang hadiah. Saya ambil contoh Telkomsel. Entah darimana dia mendapatkan nomor saya.

Padahal operator sekaliber Telkomsel tidak menggunakan nomor umum. Telkomsel tidak menggunakan nomor umum. Dia menggunakan word atau kata sebagai nama pengirimnya, tidak menggunakan nomor. Contohnya TELKOMSEL. Biasanya toko online sekarang juga menggunakan huruf brand-nya untuk mengirimkan konfirmasi kepada pelanggannya.

Berarti diluar itu, dipastikan palsu dan abaikan saja.

Kedua adalah websitenya. Website resmi Telkomsel adalah www.telkomsel.com. Bukan blogspot seperti yang ada di pesan itu. Masa operator Telkomsel yang notabenenya perusahaan gede pake blog gratisan? Kalau untuk personal sih gak apa-apa. Kalau diluar telkomsel.com, bisa dipastikan itu palsu. Jadi abaikan saja.

Pahami dua hal itu saja sudah cukup agar kamu tidak tertipu. Atau lebih baik abaikan saja.

Buat kamu yang belum tahu, semoga bisa bermanfaat.

About the Author

Bayu

Author & Editor

Seorang blogger yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka sekali dengan Windows Phone, Buku, dan Kamu. Tidak terlalu fanatik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Bayu Blog. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com